paul-pogba-manchester-united
Berita Bola Liga Inggris Premier League

Super Agent Terancam, Gara-gara Transfer Pogba?

BERITA BOLA LIGA INGGRIS – Berita yang menggemparkan datang dari Inggris beberapa hari lalu. FIFA menyebutkan niat mereka untuk menyelidiki transfer Paul Pogba dari Juventus menuju Manchester United yang berlangsung pada musim panas 2016 lalu.

Pogba yang sempat menjadi bagian dari akademi Manchester United namun kemudian pindah ke Juventus setelah kontraknya habis pada 2012 silam. Di Italia sendiri ia berkembang dengan amat luat biasa pesat sehingga menjadi salah satu pemain yang paling di minati di dunia.

Setelah empat tahun membela Bianconeri, Pogba kembali ke Manchester United dengan status sebagai pemain termahal dunia, dengan harga yang amat fantastis yakni 89 juta pound. Namun FIFA mengindikasikan ada pelanggaran dalam proses transfer besar tersebut.

Mino Raiola, agen Pogba tersebut disinyalir menerima bayaran dari Juventus, Pogba dan Manchester United dalam waktu bersamaan. Artinya, Raiola bekerja untuk ketiga pihak itu dalam waktu yang bersamaan. Yang menjadi masalahnya adalah bahwa pihak Juventus tidak tahu bahwa Raiola juga bekerja untuk United. Hal ini dianggap sebagai pelanggaran.

Sebagai catatan, Raiola menerima total 41 juga pound dari transfer Pogba ke Setan Merah. Ia menerima 20 juta pound dari Juventus, minimal 16 juta pound dari Manchester United, dan juga 2,5 juta pound dari Pogba. Ditambah lagi, Raqiola juga menerima sebagian dari gaji tetap Pogba.

Pihak FIFA pun telah menilai bahwa para agen sudah keterlaluan dalam memeras klub dan pemain. Mereka pun akan berusaha untuk membuat proses transfer menjadi jauh lebih transparan dengan harapan pihak klub dan pemain tak perlu membayar berlebihan kepada agen.

“Kita harus lihat lagi regulasi transfer. Semua hal yang menyangkut transfer pemain pun harus dibuat lebih transparan lagi. . Kami akan membahasnya dengan pihak pemain dan klub dan kami akan membuat transaksi transfer menjadi lebih baik. Di seluruh dunia, ada tiga miliar dollar yang masuk dalam perputaran sirkulasi transfer pemain. Itu adalah jumlah yang besar dan kita harus transparan,” terang Gianni Infantino, Presiden FIFA kepada BBC.

Para super agent di Eropa pun memang mendapatkan banyak kritikan karena dinilai terlalu tmak ketika mewakili pemain mereka dalam proses transfer. Raiola, Jorge Mendes, Jonathan Barnett, Volker Struth, Jose Otin, atau Pinas Zahavi mungkin harus segera memutas otak jika ingin praktek agensi mereka tetap menghasilkan ratusan juta euro pertahun.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Super Agent Terancam, Gara-gara Transfer Pogba?
Author Rating
5
Super Agent Terancam, Gara-gara Transfer Pogba? was last modified: by