alaves-vs-celta-vigo-1-0
Berita Bola Copa del Rey Liga Spanyol

Final Tak Ideal, Barcelona vs Alaves

BERITA BOLADeportivo Alaves berhasil menyingkirkan Celta Vigo di semifinal Copa del Rey 2016/17 dan memastikan satu tempat di final Copa del Rey musim ini.

Setelah bermain imbang pada pertemuan leg pertama, Alaves sukses meraih kemenangan tipis 1-0 di pertemuan kedua yang di gelar di markas mereka, Estadio Mendizorroza.

Alaves memastikan melangkah ke final untuk kali pertama lewat gol tunggal spektakuler Edgar Antonio Mendez. Final tersebut akan menjadi final kedua sepanjang sejarah Alaves. Sebelumnya, Alaves sudah berhasil melaju ke final UEFA (sekarang Liga Europa) pada tahun 2000 dan kalah oleh Liverpool secara dramatis.

Namun, laga final ini merupakan laga yang tak ideal, dalam arti perbedaan kedua tim tersebut sangatlah tajam. Kontrasnya perbedaan Alaves dengan Barca ini bisa dilihat dalam hampir semua aspek. Dari segi sejarah, Barcelona sudah mencapai final Copa del Rey 40 kali dalam sejarah mereka.

Belum lagi dari sisi kekuatan Barcelona, jelas mereka lebih diunggulkan dengan para pemain kelas dunia dan gaji super mahal mereka. Dari kiper, pemain bertahan sampai penyerang, jelas Barca yang dinilai lebih kuat dari Alaves.

Ditinjau lagi dari segi ekonomi, ketimpang antara kedua klub semakin jelas terlihat. Musim ini, Alaves hanya memiliki bujet sebesar 49,3 juta euro. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang cukup banyak untuk ukuran tim promosi. Dengan budjet itu, akan msutahil bagi Alaves untuk mendatangkan pemain berlabel bintang.

Sementara dari tim Barca sendiri, mereka merupakan klub dengan bujet tersebsar di Spanyol, bahkan bukan cuma Spanyol namun di seluruh dunia. Untuk musim ini, Barcelona mengumumkan bujet 695 juta euro, naik dua persen dari musim lalu. Selisih bujet kedua klub tersebut adalah 646 juta euro.

Pertemuan head to head kedua tim juga terlihat jelas perbedaannya di ajam La Liga. Alaves dan Barca sudah bertemu dalam lima duel dua leg (10 pertandingan). Namun, Barcelona selalu berhasil lolos dan menyingkirkan Alaves. Barcelona berhasil menang delapan kali sedangkan Alaves hanya menang dua kali dan tetap tak pernah lolos.

Meski begitu, Alaves tak akan merendahkan diri, begitu pun dengan Barcelona yang tak akan meremehkan lawan mereka. Kedua tim tahu benar bahwa semua bisa terjadi di atas lapangan, terlebih lagi di laga final. Barca tentunya masih mengingat saat Alaves menang 2-1 saat bertandang ke Camp Nou di ajang La Liga musim ini.

Laga final yang akan berlangsung 27 Mei nanti mungkin akan terlihat tak ideal, namun jangan meremehkan Alaves dulu, pasalnya peluang juara terbuka untuk siapa saja. Untungnya, para pecinta sepakbola sudah mulai bisa ‘mencicipi’ pertandingan final itu pekan ini. Alaves akan menjamu Barcelona di Estadio Mendizorroza dalam ajang La Liga pada hari Sabtu (11/2/2017) pukul 22:15 WIB.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Final Tak Ideal, Barcelona vs Alaves
Author Rating
5
Final Tak Ideal, Barcelona vs Alaves was last modified: by